Kerjasama Laboratorium PLB dan Labschool Pedagogia UNY: Asesmen Fungsional untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

(12/3/2024) Upaya meningkatkan layanan pendidikan inklusif, Laboratorium Pendidikan Luar Biasa (PLB) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjalin kerjasama dengan Labschool Pedagogia Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) UNY. Kerjasama mencakup kegiatan asesmen fungsional calon peserta didik baru yang merupakan Anak Berkebutuhan Khusus dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang akan melanjutkan pendidikan mereka di bangku Sekolah Dasar (SD) di Labschool Pedagogia.

Kegiatan asesmen fungsional ini dihadiri 10 calon peserta didik baru Labschool Pedagogia, menurut Kepala Laboratorium PLB UNY kegiatan asesmen ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui modalitas fungsional anak-anak tersebut dalam mengikuti pembelajaran di jenjang berikutnya. Kegiatan asesmen ini diharapkan dapat memberikan gambaran komprehensif kebutuhan pendidikan setiap anak, sehingga pendekatan pembelajaran yang sesuai dapat disiapkan untuk mendukung perkembangan mereka secara optimal.

Kegiatan asesmen fungsional dimulai pada hari Jumat 1 Maret 2024, dan dilanjutkan pada Kamis, 7 Maret 2024. Lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut di Laboratorium PLB UNY, yang telah disiapkan secara khusus untuk memfasilitasi proses asesmen dengan optimal. Proses asesmen ini melibatkan 4 tim ahli pendidikan khusus dan 6 relawan Lab PLB yang berpengalaman dalam kegiatan asesmen. Mereka melakukan beragam penilaian terhadap kemampuan anak-anak dalam berbagai aspek, seperti kognitif, motorik, hingga sosioemosional dengan menggunakan pendekatan dan instrumen yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak.

Kerjasama antara Laboratorium PLB UNY dan Labschool Pedagogia UNY dalam kegiatan asesmen fungsional ini harapannya dapat mewujudkan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung bagi setiap anak sehingga mereka dapat mengembangkan potensi secara maksimal di sekolah nantinya. Hal ini juga sejalan dalam Sustainable Development Goals (SDGs) poin – 4 yaitu mewujudkan pendidikan merata dan berkualitas bagi semua anak, tanpa terkecuali.

Penulis : Dani