Mahasiswa PLB Sukses Gelar Pameran Media Pembelajaran ABK

Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa angkatan 2021 Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta sukses menggelar pameran media pembelajaran pada hari Kamis, 15 Juni 2023 di Lapangan Hijau FIPP. Ada 20 karya yang disuguhkan dari satu angkatan, dengan total 2 kelas yang setiap kelasnya terdiri dari 10 klompok. Ketua departemen Pendidikan Luar Biasa Dr. Hermanto, M.Pd. turut serta hadir memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Pada sambutannya beliau menyampaikan bahwa ini merupakan langkah awal mahasiswa untuk menjadi pendidik yang kreatif dan inovatif serta berkontribusi nyata kelak dalam dunia pendidikan dalam mewujudkan Pendidikan yang lebih baik dan berkualitas.

Pada pameran ini ada yang manarik, media pembelajaran yang dibuat dikhususkan bagi Sekolah Luar Biasa. Di mana guru-guru yang hadir dalam kegiatan ini dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dengan ragam anak berkebutuhan khusus dan kebutuhan pendukung pembelajaran di kelas, yang selanjutnya akan diberikan media pembelajaran pada sekolah terpilih. Karya yang dibuat mengusung berbagai ragam konsep, yakni media berbasis teknologi baik kategori high, middle, dan low. Pameran hasil karya mahasiswa ini terbuka untuk umum, terlihat dilokasi pameran berbagai unsur pengunjung berdatangan mulai dari civitas akademika UNY, mahasiswa dari beragam universitas di wilayah Yogyakarta, guru SLB, hingga masyarakat umum. Para pengunjung pun diberikan kesempatan untuk memberikan feedback secara langsung pada hasil karya mahasiswa untuk pengembangan media.

Pameran Media Pembelajaran PLB 2021 mendapatkan respons yang positif dari peserta dan pengunjung. Banyak yang terinspirasi oleh inovasi yang ditampilkan dan melihat potensi penggunaan teknologi dalam meningkatkan efektivitas dan daya tarik pembelajaran. Pengunjung yang antusias untuk memilih hasil karya untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Selain itu, dosen dari Departemen PLB dan Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni FIPP juga turut serta memberikan support pendaftaran HAKI dan masukan pada hasil karya media pembelajaran. Dengan diadakannya pameran ini, semakin menunjukkan potensi mahasiswa dalam berkarya dan memanfaatkan penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. “Banyak sekali pemikiran unik yang kalian tuangkan dalam tugas akhir mata kuliah media pembelajaran ini, semoga dapat bermanfaat untuk anak-anak di sekolah, menginspirasi guru-guru dan memberikan wawasan baru kepada pengunjung, khusunya mahasiswa Pendidikan Luar Biasa” ucap Angga Damayanto, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah media pembelajaran ABK. (DAZ)