FGD: “Pengembangan Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Humanistik Pada Peserta Didik Autis”

Berkaitan dengan penelitian yang digagas oleh Dr. Sukinah S.Pd., M.Pd. selaku ketua tim dengan tim peneliti yaitu Elya Marfu’atun., M.Psi, Diajeng Tyas Pinru Phytanza, S.Pd., M.Pd. berserta mahasiswa-mahasiswa yang terlibat. Pada hari Sabtu, tanggal 2 September 2023, telah dilaksanakan kegiatan FGD dengan tema “Pengembangan Model Pembelajaran dengan Pendekatan Humanistik Pada Peserta Didik Autis” bertempat di laboratorium PLB FIPP UNY. Sasaran kegiatan tersebut yaitu guru-guru yang mengajar peserta didik autis.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan guru-guru kepada model pembelajaran dengan pendekatan humanistik yang dapat diimplementasikan kepada peserta didik autis. Materi disampaikan oleh Dr. Sukinah., S.Pd., M.Pd. Pada penyampaian materi dibahas mengenai pendekatan humanistik, langkah-langkah penerapannya, dan 5 fitur utama dalam menangani peserta didik autis.

Kegiatan selanjutnya tetap dimoderatori oleh Dr. Sukinah. S.Pd., M.Pd yaitu diskusi antara peserta FGD. Diskusi berlangsung aktif dengan banyaknya pertanyaan dari peserta terutama mengenai penanganan peserta didik autis.

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 25 peserta yang terdiri dari guru-guru yang mengajar peserta didik autis di Yogyakarta, tim peneliti, serta mahasiswa-mahasiswa yang terlibat.

FGD yang telah dilaksanakan diharapkan menjadi salah satu sumber informasi guru dalam mengembangkan model pembelajaran di kelas agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik. (rat)