You are here

PRODI S2 PLB UNESA PELAJARI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PPS UNY

Prodi S2 Pendidikan Luar Biasa (PLB) Program Pascasarjana UNY menerima kunjungan dari 41 mahasiswa S2 PLB Universitas Negeri Surabaya (UNESA) yang didampingi oleh Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd. selaku sekprodi S2 PLB UNESA pada Selasa (24/05/2016). Para rombongan disambut hangat oleh mahasiswa S2 PLB UNY angkatan 2014, 2015 dan dosen PLB jenjang S1 dan S2.
 
Dr. Ishartiwi selaku kaprodi S2 PLB UNY, mengucapkan selamat datang di Green and Clean Campus UNY. “Kami merasa terhormat dikunjungi kampus sekaliber UNESA. Semoga pertemuan ini memberikan manfaat bagi kita semua“, harapnya. Informasi sekilas mengenai program studi S2 PLB UNY mulai dari visi misi, sasaran prodi, tim dosen pengajar, struktur kurikulum, suasana akademik dan pembelajaran kegiatan penelitian dan kerjasama yang dilakukan disampaikan oleh kaprodi. “Kami menekankan bahwa fokus kurikulum S2 PLB UNY sesuai dengan visi misi yang dirancang yaitu terpusat pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus melalui inovasi yang berakar pada budaya. Hal ini diejawantahkan pada pelaksanaan perkuliahan untuk menyusun model, modul yang didasarkan hasil analisis komponen pembelajaran anak berkebutuhan khusus, “tegasnya.
 
Dalam rangkaian acara tersebut, Nur Azizah, Ph.D. perwakilan dari PPs UNY, menyampaikan materi tentang inovasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus. “Pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus hendaknya mengarahkan pada self awarenes, self determination, self directed learning dan penggunaan assitive technology, “ ungkap Doktor alumni Flinders University Australia ini.
 
Peserta kunjungan terlihat antusias saat materi pencapaian hasil inovasi pembelajaran berupa modul, model, strategi, media, metode yang inovatif bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah, rumah dan dunia kerja. Pelaksanaan kuliah didasarkan dari kasus yang berasal dari mahasiswa kemudian dikaji sesuai  literatur dan jurnal sehingga menghasilkan produk dalam mengatasi kasus tersebut.
Paparan mengenai pengalaman belajar pun turut disampaikan oleh Rendy Roos Handoyo angkatan 2015. Pengalaman belajar yang diperoleh senada dengan visi misi dan paparan Ibu Nur Azizah, Ph.D. yaitu menganalisis kasus sesuai teori yang dilihat dari landasan yuridis, psikologis dan filosofis. Struktur kurikulum tiap semester saling terkait dan mendukung antar mata kuliah untuk melakukan analisis.
 
Sesi diskusi terkesan menarik karena mahasiswa S2 PLB UNESA memiliki banyak pertanyaan terkait kebijakan UNY dalam mendukung fasilitas yang aksesibel bagi anak berkebutuhan khusus, perbedaan mata kuliah analisis kurikulum, produk inovasi pembelajaran berupa prototype atau dapat disebarluaskan dan bagaimana kaitannya dengan kebijakan di daerah maupun Nasional. Selain itu, mahasiswa S2 PLB UNESA juga menyampaikan perbedaan laju pendidikan inklusif di daerah asalnya masing-masing yang kurang maju seperti di Yogyakarta. Terakhir, adanya harapan antara S2 PLB UNY-UNESA untuk melakukan penelitian bersama yang dilaksanakan oleh mahasiswa.
 
Pertemuan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama. Selanjutnya rombongan melakukan orientasi kampus yang didampingi oleh mahasiswa S2 PLB UNY. Rombongan diajak berkeliling kampus mulai dari pengenalan gedung perkuliahan Pascasarjana, melihat koleksi di Museum Pendidikan Indonesia dan berakhir di perpustakaan UNY. (Rubiman).

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)